AGEN BOLA EURO – Target Barca : Memimpin Dunia Persepakbolaan di Tahun 2021

Update Terakhir: December 23, 2015

BARCELONA

AGEN BOLA EURO – Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, menyebut tahun ini sebagai tahun bersejarah bagi klubnya. Bartomeu mempunyai target yang lebih besar untuk Barca dalam beberapa tahun ke depan, yaitu memimpin dunia persepakbolaan.

Barca merebut lima dari enam trofi yang mungkin mereka menangi pada tahun 2015. Blaugrana meraih treble dengan menjadi juara di La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions, kemudian melengkapinya dengan trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Satu-satunya gelar yang lepas adalah Piala Super Spanyol. Barca tak berhasil meraihnya karena dikalahkan Athletic Bilbao.

Pencapaian Barca pada tahun ini nyaris menyamai prestasi mereka pada tahun 2009. Saat itu, mereka menyapu bersih enam gelar dalam setahun di bawah arahan Pep Guardiola.

” Ini adalah tahun bersejarah. Kami memenangi lima dari enam title yang mungkin diraih. Ini adalah tim Barca yang dicintai, dikagumi secara global, ” ujar Bartomeu, Selasa (22/12/2015).

” Kami adalah klub dengan title internasional terbanyak di dunia, ” katanya.

” 2014 adalah tahun yang sulit dan kami berharap 2015 akan lebih baik lagi. Pada bulan Januari, kami memulai dengan beberapa masalah, ” lanjut Bartomeu.

Kejayaan Barca di Spanyol dan Eropa tampaknya masih akan berlanjut pada musim ini. Lionel Messi dan kawan-kawan sekarang memimpin klasemen La Liga serta masih bertahan di Copa del Rey dan Liga Champions.

” Kami tidak ingin berhenti di sini. Kami tidak ingin berhenti menang, kami ingin terus berjuang dan bersaing, ” ujar Bartomeu.

” Targetnya adalah pada tahun 2021 Barca menjadi klub yang memimpin dunia, ” katanya seperti dikutip Soccerway.

Masih ada satu rekor lagi untuk bisa dipatahkan Barcelona sebelum tahun 2015 berakhir. Skuat besutan Luis Enrique punya peluang untuk menjadi klub Spayol dengan jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender.

Atas tiga gol yang dibuat ke gawang River Plate, Barcelona sudah membuat 176 gol di semua kompetisi musim ini. Angka tersebut menjadi capaian tersendiri untuk Barca, karena sebelumnya rekor jumlah gol terbanyak mereka dalam satu tahun adalah 175 yang ditorehkan pada 2012.

Di Spanyol, rekor gol terbanyak dalam satu tahun kalender saat ini dipunya Real Madrid. Bersama Carlo Ancelotti, El Real menuntaskan tahun 2014 dengan 178 gol.

Itu artinya Barcelona tinggal butuh dua gol lagi untuk menyamai rekor tersebut, atau membutuhkan tiga gol untuk melewatinya.

Karena Lionel Messi dan Neymar sudah pulih dari cedera ditambah Luis Suarez yang sedang tajam-tajamnya, Barca punya kesempatan besar untuk melakukannya. Pertandingan terakhir Barca di tahun ini adalah menjamu Real Betis pada 30 Desember mendatang.

Sebagai catatan, Barcelona selalu mencetak paling tidak tiga gol dalam tiga pertemuan terakhir dengan Betis. Jika dirunut ke belakang, tiga kemenangan Barca atas Betis tersebut adalah dengan skor 3-1, 4-1, dan 4-2.