AGEN BOLA EURO – Del Bosque Akan Mundur dari Timnas Spanyol Setelah Piala Eropa 2016

Update Terakhir: December 19, 2015

VINCETE

AGEN BOLA EURO – Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, khawatir melihat perselisihan Gerard Pique dan Alvaro Arbeloa. Menurutnya, perselisihan keduanya tak bagus untuk timnas Spanyol.

Perselisihan keduanya bermula dari olok-olok Pique lantaran Real Madrid memainkan Denis Cheryshev di Copa del Rey. Cheryshev seharusnya tidak boleh dimainkan lantaran menerima tiga kartu kuning pada Copa del Rey musim lalu –yang otomatis membuatnya tak boleh bermain selama 1 laga.

Lewat akun Twitter-nya, Pique tertawa. Ia tahu bahwa memainkan seorang pemain yang dilarang tampil bisa membuat Madrid didiskualifikasi. Dalam penjelasannya, Pique merasa sikapnya tak perlu dibesar-besarkan –ia memang suka bercanda.

Namun, Arbeloa tidak terima. Karena sudah sering mengomentari Madrid, Arbeloa menyebut bahwa bek Barcelona itu terobsesi dengan Los Blancos.

Cerita antara kedua pemain bertahan ini pun sampai ke Del Bosque. Mengingat keduanya adalah anggota timnas Spanyol, Del Bosque akan segera mencari solusinya.

Pique kemudian angkat bicara lagi. Arbeloa, kata dia, bukanlah temannya, melainkan hanya seorang rekan biasa.

“Tidak bagus ada perselisihan di antara keduanya. Di tim nasional, ketika ada permasalahan, kami akan mencari solusinya,” ujar Del Bosque seperti dilansir Soccerway.

“Ini cuma karena sejarah dari kedua klub (yang mereka bela), saya tidak bisa bilang apa-apa. Ini adalah masalah di antara kedua klub.”

“Ketika mereka bergabung dengan tim nasional, kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Saya pikir, saya harus bicara dengan keduanya,” kata Del Bosque.

Timnas Spanyol sendiri baru menerima hasil undian Piala Eropa 2016. La Furia Roja tergabung di Grup D bersama dengan Republik Ceko, Turki, dan Kroasia.

Vicente del Bosque telah menjadikan Piala Eropa 2016 sebagai turnamen terakhirnya bersama tim nasional Spanyol. Setelah turnamen selesai, Del Bosque akan mundur dari jabatan nya sebagai pelatih La Furia Roja.

Del Bosque, yang sekarang sudah berusia 64 tahun, berencana ingin mengumumkan keputusannya tersebut dalam sebuah buku berjudul ” Menang dan Kalah : Kekuatan Emosional “. Buku itu akan diluncurkan pada hari Senin (21/12) mendatang.

” Jika segalanya telah berjalan sesuai rencana, saya akan meninggalkan tim nasional dan federasi sepakbola Spanyol setelah Piala Eropa 2016. Ini juga tentang persoalan kesehatan dan kondisi tubuh. Saya sudah delapan tahun melatih timnas dan saya tak berniat untuk terus-menerus melekat di pekerjaan ini,” tulis Del Bosque dalam buku tersebut.

Del Bosque sudah menjalankan tugasnya melatih Spanyol sejak 2008 lalu untuk menggantikan Luis Aragones. Dia telah mengantarkan tim Matador menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Tapi, di Piala Dunia 2014, timnya gagal total.

” Yang sangat saya inginkan untuk tim nasional adalah menutup sebuah era dengan baik. Saya bisa saja pensiun dari dulu-dulu, tapi saya ingin bekerja dan pensiun di usia seperti orang Spanyol lainnya, ” kata Del Bosque.

” Saya pikir saya telah memenuhi ekspektasi dan juga menyadari keberadaan orang lain. Seseorang selalu datang dari belakang Anda. Mereka mempunyai hak dan harus mendapatkan kesempatan untuk bekerja, ” tambahnya.

” Saya menganggap diri saya benar-benar sangat beruntung karena bisa menikmati dan menjalani gairah terbesar saya yaitu Sepakbola. Saat ini, dengan waktu pensiun yang semakin mendekat, saya tak lagi memikirkan masa depan. Ketika saya meninggalkan peran saya sebagai seorang pelatih tim nasional, maka saya akan menjalani hidup saya dengan normal, ” kata eks pelatih Real Madrid itu.